Blogs

Pengalaman Seorang Tutor Bahasa Belanda - Evert Solisa

Beta telah memulai kontak pertama melalui email dengan Jeff Malaihollo pada tgl 20 Agustus 2020. Disitu beta menceritakan tentang pengalaman dan pekerjaan beta di Ruang Angkasa (Dutch Space Agency) walaupun sekarang sudah pesiun. Pada saat ini beta ada bekerja sebagai sukarela sebagai Coach Bahasa Belanda untuk pengungsi di Pekerjaan Pengungsi (Vluchtelinge werk) di Hoofddorp.  Jadi ini adalah suatu perkenalan yang sangat baik dan lancar.

 

Sesudah perkenalan itu, dia sangat antusias sekali mengenai beta punya pengalaman kerja di Teknik Ruang Angkasa dan sebagai Coach Bahasa Belanda di Pekerjaan Pengungsi. Sesudah itu beta bergabung dengan program pelatihan Bahasa Basudara. Bahasa Basudara kemudian memberikan beta dua kemungkinan tugas: pertama sebagai Tutor Bahasa Belanda dan kedua untuk meberikan Webinar Teknik untuk Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

 

 

Tidak lama sesudah itu beta dapat satu kelompok/kelas peserta yang sangat antusias untuk belajar Bahasa Belanda dari Universitas Pattimura dan kursus pertama dimulai pada tanggal 18 September 2020. Tidak lama sesudah itu ada kelompok yang kedua dari Jemaat Gereja Bethania dan kursus pertama untuk kelompok Gereja Bethania dimulai pada tanggal 30 September 2020.

 

Sekarang beta mengajar dua kelas untuk Bahasa Belanda. Satu kelas hari Rabu pagi dan yang lain kelas hari Kamis pagi. Sementara ini pada tanggal 15 Oktober 2020 sudah ada kursus yang kelima kali untuk peserta dari kelompok Unpatti dan pada tanggal 21 Oktober 2020 kursus yang keempat kali untuk peserta dari kelompok Bethania.

 

Pada tanggal 13 Oktober 2020 beta juga diminta untuk memberikan Webinar online yang pertama, dengan tema Space Technology untuk Mahasiswa Fakultas Teknik dari Universitas Pattimura. Sebetulnya Fakultas Teknik Unpatti mau lebih banyak dari ini sesi, walaupun tidak setiap minggu, hanya saja beta punya waktu untuk Teknik Unpatti sangat terbatas karena di Hoofddorp beta masih terus mengajar Bahasa Belanda untuk tiga orang, yaitu pada hari Selasa pagi, Kamis sore dan Jumat pagi.

 

Kontak:

Kontak yang pertama dengan Jeff Malaihollo adalah seperti pintu terbuka bagai beta. Beta tanya Jeff apakah kenal John Malaihollo yang pernah tinggal dan studi Breda? Dia punya jawab: “Bung John itu beta punya kakak laki yang tua”. Bahkan Jeff bilang yang dia sudah berapa kali lihat beta di Breda. Langsung beta tanya di siapa-siapa saja di Breda? Setelah itu dia sebut nama-namanya, dan beta harus setuju dengannya.

 

Lucunya Jeff pernah lihat beta dan beta punya isteri pada pesta kunci tahun 1975 dirumah Oomnya dikantor Garuda Ambon. Waktu itu dia masih berumur 9 tahun dan ketong ketemu keluarganya. Seorang oomnya, Pak Butje Tahapary ,waktu itu adalah Dosen Fakultas Hukum dari Universitas Pattimura. Isteri beta kenal dengan oomnya dan sama tantenya Jeff. Isteri beta waktu itu tinggal dan studi di Ambon.

 

Kontak yang kedua adalah dengan Fasilitator/Host dari kelas Gereja Bethania. Dia (Heidy) juga dikenal oleh isteri beta waktu dia masih kecil dan orang tua Heidy dikenal juga oleh isteri beta. Bapaknya Heidy adalah juga seorang Dosen dari Universitas Pattimura.

 

Karena itu beta berterima kasih kepada Joaniek Vreeswijk yang sudah memperkenalkan beta dengan Projek Bahasa Basudara. Untuk ketong sudah ada dua pintu yang terbuka lebar sekali. Terima kasih.